Planet Ini Punya Sumber Air, Diklaim NASA Bisa Dihuni

Planet Ini Punya Sumber Air, Diklaim NASA Bisa Dihuni

NASA menemukan ada air di exoplanet bernama Proxima Centauri b.

Live Togel Terpercaya – Penemuan baru dari NASA menunjukkan bahwa salah satu exoplanet terdekat dari Bumi ternyata mampu memenuhi salah satu syarat dalam mendukung kehidupan di dalamnya. Adanya sumber air dalam bentuk cairan jadi aspek penting tersebut.

Exoplanet itu bernama Proxima Centauri B. Sejatinya, sejak ditemukan pada Agustus 2016, planet berbatu yang memiliki massa 1,3 kali lebih besar dari Bumi ini memang diduga cukup hangat untuk memiliki air di permukannya.

Hipotesis itu pun semakin mendekati kebenarannya setelah para peneliti dari NASA mengobservasinya lebih lanjut. Lewat penelitiannya itu, Proxima Centauri b diperkirakan dapat mempertahankan keberadaan sumber air berbentuk cairan di atas permukaannya.

Kemampuannya itu pun diklaim mampu dilakukan dalam berbagai kondisi. Hal ini tentunya meningkatkan potensinya untuk menjadi tempat tinggal bagi sebuah organisme hidup.

Live Poker Indonesia

Planet Ini Punya Sumber Air, Diklaim NASA Bisa Dihuni

“Pesan utama dari simulasi yang kami lakukan adalah terdapat peluang yang baik bagi planet tersebut untuk bisa dihuni,” ujar Anthony Del Genio, ilmuwan dari NASA Goddard Institute of Space Studies yang memimpin penelitian tersebut.

Selain diduga memiliki air berbentuk cairan di permukaannya, exoplanet ini sejatinya memang berada di zona layak huni berdasarkan posisinya terhadap planet yang diorbitnya. Bintang itu bernama Proxima Centauri, yang berada 4,2 tahun cahaya dari Bumi.

Walau begitu, jaraknya dengan bintang yang diorbitnya dianggap terlalu dekat. Hal ini membuatnya mendapat gaya tarik yang terlalu besar, sebagaimana Tiraijd.net kutip dari Live Science, Senin (17/9/2018).

Akibatnya, hanya sebelah sisinya saja yang akan terus menghadap ke bintangnya, sedangkan sisi satunya gelap gulita. Hal tersebut juga berlaku pada Bulan terhadap Bumi, sehingga muncul istilah “The Dark Side of the Moon”, yang sekaligus menjadi judul salah satu album dari band Pink Floyd.

Menarik untuk ditunggu apakah NASA bisa benar-benar memastikan jika Proxima Centauri b memang bisa dihuni. Terlebih, lokasinya memang relatif sangat dekat dengan Bumi dibanding exoplanet lainnya.

Poker Online Terbaik

POKER ONLINE TERBAIK | POKER ONLINE UANG ASLI | POKER ONLINE INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *