Jual Es Cokelat Terlalu Mahal, Restoran Didenda Rp 107 Juta

Jual Es Cokelat Terlalu Mahal, Restoran Didenda Rp 107 Juta

Pemilik restoran sebaiknya tak main-main saat menentukan harga menunya.

Live Poker Indonesia¬†–¬†Pemilik restoran sebaiknya tak main-main saat menentukan harga menunya. Terlalu mahal bisa-bisa malah didenda seperti pemilik restoran ini.

Nasib buruk baru saja menimpa seorang pemilik restoran di Sabahan, Malaysia. Diberitakan Tiraijd.net (8/9), ia didenda RM 30.000 (sekitar Rp 107,7 juta) atau kurungan 6 bulan penjara oleh pengadilan.

Penyebabnya bisa dibilang sepele yaitu karena restoran menjual es susu cokelat Milo seharga RM 3.20 (Rp 11.500) pada tahun 2016. Dua tahun berselang, hakim Egusra Ali menjatuhi hukuman pada pemilik restoran bernama Shihan Mohd Salim ini.

Shihan dijatuhi hukuman berdasarkan Pasal 21(5) tentang Pengendalian Harga dan Tindakan Anti Pencatutan tahun 2011. Jaksa berhasil menuntutnya usai Shihan gagal membawa bukti struk penjualan es cokelat mulai Januari 2015 hingga Maret 2016.

Live Poker Indonesia

Jual Es Cokelat Terlalu Mahal, Restoran Didenda Rp 107 Juta

Selain itu, Shihan juga tidak bisa menunjukkan faktur pembelian bahan-bahan pembuatan es cokelat yang dibelinya. Meski demikian, ia berhasil memproduksi label harga minuman dalam waktu tujuh hari kerja, mulai dari 9 Mei 2016.

Pejabat (KPDNHEP, Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna) menjelaskan harga es cokelat Shihan yaitu RM 3.20 (Rp 11.500) pada tahun 2016 dianggap pelanggan terlalu mahal kala itu. Seorang pelanggannya pun membuat aduan pada 7 Maret 2016.

Ke depannya KPDNHEP berharap para pemilik restoran bisa mengambil pelajaran dari kasus ini. Terutama agar tidak memberi harga menu yang tidak masuk akal. KPDNHEP juga menyarankan konsumen melaporkan kepada pihaknya jika mengalami hal serupa.

Poker Online Terbaik

POKER ONLINE TERBAIK | POKER ONLINE UANG ASLI | POKER ONLINE INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *